Portal PPDB Tapel 2023-2024. Cek Now!

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Terbaru


Paradigma IASP Baru
Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) merupakan instrumen paradigma baru dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari paradigma sebelumnya. Dengan adanya pergeseran paradigma dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari compliance ke performance (rules to principles), diharapkan dapat menjadi perkembangan bagi BAN-S/M dan pihak-pihak yang terlibat terutama tim ad hoc dalam pengembangan Instrumen Akreditasi (IASP 2020).

Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) diharapkan dapat memberikan gambaran secara komprehensif baik yang terkait dengan landasan filosifis, sosiologis, maupun yuridis, serta kerangka pikir penyusunan Instrumen Akreditasi tentang arah pengembangan Instrumen Akreditasi yang sudah disusun oleh BAN-S/M.

Dengan demikian, Hal ini pada akhirnya mampu memberikan pemahaman kepada penyusun (BAN-S/M dan Tim Ad hoc) tentang kerangka kerja (framework) penyusunan perangkat akreditasi, dan memberikan batasan kepada penyusun agar tidak keluar dari kerangka kerja (framework) yang telah ditetapkan.
Download IASP Baru
Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) meliputi seluruh jenjang satuan pendidikan baik yang berbasis sekolah maupun madrasah yang tentunya memiliki perbedaan instrumen pada setiap jenjangnya, berikut instrumen yang dimaksud:
  1. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SD/MI
  2. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMP/MTs
  3. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMA/MA
  4. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SMK/MAK
  5. Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Jenjang SLB/MLB

Berikut kami siapkan link untuk mendownload IASP terbaru, silahkan sahabat tekan tombol download sesuai jenjang yang sahabat kehendaki!
IASP Jenjang SD/MI Baru 200kb
IASP Jenjang SMP/MTs Baru 200kb
IASP Jenjang SMA/MA Baru 200kb
IASP Jenjang SMK/MAK Baru 200kb
IASP Jenjang SLB/MLB Baru 200kb
Bukti Fisik Akreditasi Terbaru
Untuk bukti fisik akreditasi terbaru sudah kami ulas lenkap di postingan kami yang lain, untuk lengkapnya silahkan KLIK DISINI!
Baca Juga

Post a Comment