Portal PPDB Tapel 2023-2024. Cek Now!

Contoh RPP satu lembar SMP MTs tahun 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi komponen penting dalam perangkat pembelajaran guru.

Guru wajib menyusun RPP agar pembelajaran lebih terarah dalam mencapai tujuan sesuai indikator yang dikembangkan.

Secara khusus, RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan pembelajaran agar mencapai Kompetensi Dasar secara efektif.

Kebijakan baru terkait penyusunan RPP telah dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Kebijakan baru tersebut berupa penyederhanaan RPP, dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di kelas.

Kebiakan penyederhanaan RPP tersebut dimantapkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pertimbangan penyederhanaan RPP ini adalah guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan

Terdapat 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.

Dengan adanya penyederhanaan RPP ini, maka guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Terdapat 3 (tiga) omponen inti dalam penyederhanaan RPP sesuai edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment).Komponen lainnya dalam penyusunan RPP bersifat sebagai pelengkap.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.

Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya.

Guru juga dapat memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip terbatu dalam penyusunan RPP (efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik_.

Contoh RPP Satu Lembar Matematika SMP MTs Tahun 2020

Berikut ini admin bagikan contoh RPP satu lembar Matematika SMP MTs tahun 2020 berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.

Bapak/Ibu Guru dapat mengembangkan sendiri RPP satu lembar tersebut dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik.

Contoh RPP Satu lembar Matematika kelas VII SMP MTs

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi Waktu : 400 Menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Membandingkan berbagai jenis bilangan bulat dan pecahan.
2. Mengurutkan berbagai jenis bilangan bulat dan pecahan.
3. Menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan
4. Memanfaatkan berbagai sifat operasi.
5. Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.

B. Kegiatan Pembelajaran
1. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan
terkait dengan materi yang akan di pelajari.
2. Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Bilangan Bulat dan
3.Pecahanyang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.
4. Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
yang berhubungan dengan Bilangan Bulat dan Pecahan.
5. Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Bilangan Bulat dan Pecahan untuk ditemukan pemecahannya.
6. Peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
7. Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap
anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
8. Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
9. Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
10. Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan
hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
11. Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
12. Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
13. Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)

C. Penilaian
1. Tes Tertulis

Di antara operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, manakah yang hasil operasinya tertutup (menghasilkan bilangan bulat juga)? Jelaskan.


2. Tes Praktik
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen).

Mengetahui,
Kepala Sekolah



,..………………………………
NIP. ………………………… …….., ………………………………
Guru Mata Pelajaran



,..………………………………
NIP. …………………………
Baca Juga

Post a Comment