Portal PPDB Tapel 2023-2024. Cek Now!

Komitmen


Komitmen MTs Miftahul Huda Prangas adalah sikap atau bentuk perilaku seseorang terhadap MTs Miftahul Huda Prangas dalam bentuk loyalitas dan pencapaian visi, misi, nilai dan tujuan MTs Miftahul Huda Prangas. Seseorang dikatakan memiliki komitmen yang tinggi terhadap MTs Miftahul Huda Prangas, dapat dikenali dengan ciri-ciri antara lain kepercayaan dan penerimaan yang kuat terhadap visi, misi dan tujuan MTs Miftahul Huda Prangas, kemauan yang kuat untuk bekerja demi MTs Miftahul Huda Prangas dan keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota MTs Miftahul Huda Prangas .

Komitmen MTs Miftahul Huda Prangas

  1. Seluruh karyawan terlibat dalam tim MTs Miftahul Huda Prangas dan berkeinginan untuk tetap menjadi bagian MTs Miftahul Huda Prangas dengan penuh kesetiaan dan kesediaan mengabdi secara maksimal bagi MTs Miftahul Huda Prangas.
  2. MTs Miftahul Huda Prangas mengutamakan kelekatan emosi, identifikasi dan keterlibatan individu dengan MTs Miftahul Huda Prangas serta keinginan untuk tetap menjadi bagian MTs Miftahul Huda Prangas.
  3. MTs Miftahul Huda Prangas menekankan suatu sikap dimana individu mengidentifikasikan dirinya terhadap tujuan dan harapan MTs Miftahul Huda Prangas serta berusaha menjaga diri untuk mewujudkan tujuan MTs Miftahul Huda Prangas.
  4. MTs Miftahul Huda Prangas memiliki keinginan kuat terhadap seluruh komponen didalamnya untuk tetap sebagai bagian MTs Miftahul Huda Prangas, berusaha keras sesuai dengan keinginan MTs Miftahul Huda Prangas dan penerimaan nilai dan tujuan MTs Miftahul Huda Prangas.
  5. MTs Miftahul Huda Prangas harus memiliki pengaruh yang paling kuat, dimana orang mengidentifikasi terhadap permintaan dan sangat termotivasi untuk melaksanakannya, bahkan ketika sumber motivasi tidak lagi hadir.

Dimensi Komitmen MTs Miftahul Huda Prangas

  1. Komitmen afektif (Affective commitment)
    Komitmen ini mengacu pada hubungan emosional anggota terhadap MTs Miftahul Huda Prangas. Orang-orang ingin terus bekerja untuk organisasi tersebut karena mereka sependapat dengan tujuan dan nilai dalam MTs Miftahul Huda Prangas tersebut. Orang-orang dengan tingkat komitmen afektif yang tinggi memiliki keinginan untuk tetap berada di MTs Miftahul Huda Prangas karena mereka mendukung tujuan dari MTs Miftahul Huda Prangas dan bersedia membantu untuk mencapai tujuan tersebut.

  2. Komitmen berkelanjutan (Continuance commitment)
    Komitmen ini mengacu pada keinginan karyawan untuk tetap tinggal di MTs Miftahul Huda Prangas karena adanya perhitungan atau analisis tentang untung dan rugi dimana nilai ekonomi yang dirasa dari bertahan dalam suatu sekolah/madrasah dibandingkan dengan meninggalkan MTs Miftahul Huda Prangas. Semakin lama karyawan tinggal dengan organisasi mereka, semakin mereka takut kehilangan apa yang telah mereka investasikan di dalam organisasi selama ini.

  3. Komitmen normatif (Normative commitment)
    Komitmen ini mengacu pada perasaan karyawan dimana mereka diwajibkan untuk tetap berada di MTs Miftahul Huda Prangas karena adanya tekanan dari yang lain. Karyawan yang memiliki tingkat komitmen normatif yang tinggi akan sangat memperhatikan apa yang dikatakan orang lain tentang mereka jika mereka meninggalkan MTs Miftahul Huda Prangas. Mereka tidak ingin mengecewakan atasan mereka dan khawatir jika rekan kerja mereka berpikir buruk terhadap mereka karena pengunduran diri tersebut.

Faktor yang mempengaruhi Komitmen MTs Miftahul Huda Prangas

  1. Karakteristik pribadi individu
    Karakteristik pribadi terbagi kedalam dua variabel, yaitu variabel demografis dan variabel disposisional. Variabel demografis mencakup gender, usia, status pernikahan, tingkat pendidikan, dan lamanya seseorang bekerja pada suatu organisasi. Sedangkan variabel disposisional mencakup kepribadian dan nilai yang dimiliki anggota organisasi. Variabel disposisional ini memiliki hubungan yang lebih kuat dengan komitmen berorganisasi, karena adanya perbedaan pengalaman masin-masing anggota dalam organisasi tersebut.

  2. Karakteristik MTs Miftahul Huda Prangas
    Yang termasuk dalam karakteristik organisasi itu sendiri yaitu: struktur MTs Miftahul Huda Prangas, desain kebijaksanaan dan bagaimana kebijaksanaan MTs Miftahul Huda Prangas tersebut disosialisasikan.

  3. Pengalaman MTs Miftahul Huda Prangas
    Sedangkan pengalaman berorganisasi tercakup ke dalam kepuasan dan motivasi komponen MTs Miftahul Huda Prangas selama berada dalam MTs Miftahul Huda Prangas, perannya dalam MTs Miftahul Huda Prangas, dan hubungan antara anggota MTs Miftahul Huda Prangas dengan supervisor atau pimpinannya.

Membangun Komitmen MTs Miftahul Huda Prangas

  1. Make it charismatic. Menjadikan visi dan misi MTs Miftahul Huda Prangas sebagai sesuatu yang kharismatik, sesuatu yang dijadikan pijakan, dasar bagi setiap karyawan dalam berperilaku, bersikap dan bertindak.
  2. Build the tradition. Menjadikan segala sesuatu yang baik di MTs Miftahul Huda Prangas sebagai suatu tradisi yang terus-menerus dipelihara, dijaga oleh generasi berikutnya.
  3. Have comprehensive grievance procedures. MTs Miftahul Huda Prangas memiliki prosedur untuk mengatasi keluhan pihak luar ataupun internal secara menyeluruh.
  4. Provide extensive two way communications. Menjalin komunikasi dua arah di MTs Miftahul Huda Prangas tanpa memandang rendah bawahan.
  5. Create a sense of community. Menjadikan semua unsur MTs Miftahul Huda Prangas sebagai suatu community yang memiliki nilai-nilai kebersamaan, rasa memiliki, kerja sama, berbagi, dll.
  6. Build value homogenety. Membangun nilai-nilai yang didasarkan adanya kesamaan. misalnya untuk promosi maka dasar yang digunakan untuk promosi adalah kemampuan, ketrampilan, minat, motivasi, kinerja, tanpa ada diskriminasi.
  7. Share and share alike. MTs Miftahul Huda Prangas memiliki kebijakan dimana antara karyawan level bawah sampai yang paling atas tidak terlalu berbeda atau mencolok dalam kompensasi yang diterima, gaya hidup, penampilan fisik, dll.
  8. Emphasize barnraising, cross utilization, and teamwork. Semua komponen MTs Miftahul Huda Prangas merupakan suatu tim kerja. Semuanya harus memberikan kontribusi yang maksimal, saling berbagi, saling memberi manfaat demi keberhasilan MTs Miftahul Huda Prangas.
  9. Get together. Mengadakan acara yang melibatkan semua komponen MTs Miftahul Huda Prangas sehingga kebersamaan bisa terjalin antara semua anggota organisasi dan keluarganya.
  10. Support employee development. MTs Miftahul Huda Prangas memperhatikan perkembangan karir karyawan dalam jangka panjang.
  11. Commit to actualizing. Setiap karyawan diberikan kesempatan yang sama mengaktualisasikan diri secara maksimal di MTs Miftahul Huda Prangas dengan kapasitas masing-masing.
  12. Provide first year job challenge. MTs Miftahul Huda Prangas memberikan bantuan konkret bagi karyawan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dan mewujudkan impiannya.
  13. Enrich and empower. MTs Miftahul Huda Prangas menciptakan kondisi variatif agar karyawan bekerja tidak secara monoton agar tidak menimbulkan perasaan bosan bagi karyawan.
  14. Promote from within. Memberikan kesempatan pertama kepada pihak intern MTs Miftahul Huda Prangas sebelum merekrut karyawan dari luar.
  15. Provide developmental activities. Memiliki kebijakan merekrut karyawan dari dalam sebagai prioritas maka dengan sendirinya akan memotivasi karyawan terus tumbuh dan berkembang personal maupun jabatannya.
  16. The question of employee security. MTs Miftahul Huda Prangas memberikan rasa aman, baik fisik maupun psikis komponen madrasah
  17. Commit to people first values. MTs Miftahul Huda Prangas berusaha selalu memberikan perlakukan yang benar pada masa awal karyawan memasuki madrasah.
  18. Put in writing. Data-data tentang kebijakan, visi, misi, semboyan, folosofi, sejarah, strategi, dll. dibuat dalam bentuk tulisan, bukan sekadar lisan.
  19. Hire Right-Kind Managers. Kepala MTs Miftahul Huda Prangas senantiasa memberikan teladan dalam bentuk sikap dan perilaku sehari-hari.
  20. Walk the talk. senantiasa mendahulukan tindakan dari pada kata-kata