Portal PPDB Tapel 2023-2024. Cek Now!

Materi Pendidikan dan Pelatihan Subtantif Kepala Madrasah Angkatan IV


Berikut paparan dari para pemateri diklat tentang Pendidikan dan Pelatihan Subtantif Kepala Madrasah Angkatan IV

1. Dr Widayanto, M.Pd adalah master teacher peraih widyaiswara, beliau pemateri dengan gaya yang unik sehingga para peserta begitu antusias, tiada rasa kantuk apalagi bosan, dua hari bersama beliau serasa sangat kurang, banyak ilmu yang beliau sampaikan kepada peserta pelatihan yang terdiri dari kepala RA maupun madrasah di lingkungan Kemenag Kabupaten Malang.

Menurut beliau setiap kepala baik RA maupun madrasah harus memiliki kompetensi kepala RA/Madrasah sebagaimana permendiknas nomor 13 tahun 2007, secara singkat beliau jelaskan seperti berikut:

1. Kompetensi Manajerial

a. Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
b. Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan.
c. Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/madrasah secara optimal.
d. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
e. Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.
f. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
g. Mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
h. Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah.
i. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
j. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
k. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
l. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah.
m. Mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di ekolah/madrasah.
n. Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
o. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.
p. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

2. Bapak Jamal
2. Kompetensi Kewirausahaan
a. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah.
b. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
c. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah.
d. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
e. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/madrasah sebagai sumber belajar peserta didik.

3. Ibu Asmawati
3. Kompetensi Supervisi
a. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
b. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
c. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

4. Ibu Niniek
4. Kompetensi Kepribadian
a. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah.
b. Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin.
c. Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah/madrasah.
d. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.
e. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah/madrasah.
f. Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.

5. Bapak Rudi
5. Kompetensi Sosial
a. Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/madrasah
b. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
c. Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok

Materi yang kami tulis ini, dari bapak Widayanto karena beliau sudah mengizinkan ilmu beliau disebarluaskan, saat siang itu tepatnya terakhir beliau mengisi saya bilang kepada beliau: "Pak gimana kalo materi dari Bapak saya taruh di Blog Madrasah kami", tanpa berpikir beliau menjawab: "monggo, silahkan sebarkan kesiapapun", saya begitu terkejut dan bahagia karena ilmu yang begitu bermanfaat ini boleh ditaruh di blog MTs Miftahul Huda Prangas. Terima kasih Bapak Dr Widayanto, M.Pd atas ilmunya, semoga bermanfaat.

Untuk materi lengkapnya silahkan sahabat MTs Miftahul Huda Prangas download DISINI
Baca Juga

Post a Comment